Tips Ampuh Menghindari Penipuan Lewat Website

Kiat Ampuh untuk Menghindari Penipuan Situs Web

penipuan-lewat-website

Tidak hanya efek positif, kemajuan teknologi ini juga memiliki beberapa efek negatif. Salah satunya adalah munculnya banyak situs penipuan. Ini adalah salah satu kejahatan paling umum akhir-akhir ini.

Website yang menipu ini tentunya akan menimbulkan banyak kerugian. Mulai dari penyebaran virus, pencurian data dan lain-lain. Karena itu, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui cara menghindari situs web penipuan.

Tips Menghindari Situs Penipuan

Anda sebenarnya dapat menghindari situs scam ini jika Anda berhati-hati. Hal pertama yang harus selalu diingat adalah jangan pernah mengklik tautan yang tidak Anda ketahui. Yang sedang berkata, berikut adalah beberapa tips lain untuk menghindari situs penipuan.

1. Cari nama situsnya

Hal pertama yang dapat Anda lakukan untuk menghindari situs penipuan adalah dengan memperhatikan nama situs web. Biasanya website penipu ini menggunakan nama website yang mirip dengan website resminya tetapi anti typo.

Selain itu, Anda juga dapat mengandalkan mesin pencari untuk memeriksanya. Situs web palsu lebih mudah dikenali jika Anda mencoba mengaksesnya melalui mesin pencari.

2. Periksa domainnya

Karakteristik lain dari situs web palsu adalah struktur domain yang aneh. Juga, karena nama situs yang aneh, domain situs penipuan biasanya menggunakan akhiran aneh yang mencurigakan.

Baca juga: Tidak Bisa Akses Website Disdukcapil Makassar

Bahkan, situs penipuan biasanya menggunakan domain gratis juga. Selain itu, struktur domain halaman palsu ini biasanya tidak biasa. Biasanya website palsu ini juga menggunakan domain root.

Baca Juga: Cara Keren Meningkatkan Personal Branding Dengan Website Pribadi

Cara termudah untuk mengidentifikasi domain root adalah dengan memiliki alamat situs web yang panjang dan tidak sederhana. Seperti whatsapp.videocalling-invite.cf

3. Periksa pemilik domain

Tip lain untuk menghindari situs penipuan adalah dengan memeriksa pemilik domain. Anda dapat mencoba memverifikasi pemilik domain dengan whois.

Website ini memberikan Anda informasi lengkap dari website yang Anda akses. Dari alamat IP ke pemilik. Dari situ, Anda bisa melihat apakah pemilik situs tersebut dapat dipercaya atau Anda tahu. Jika tidak dapat dipercaya atau Anda tidak mengetahuinya, bisa jadi itu adalah situs palsu.

4. Perhatikan log keamanan

Hal lain yang harus diwaspadai untuk menghindari situs penipuan adalah masalah log keamanan di situs web. Jika website menggunakan protokol keamanan seperti HTTPS, maka website tersebut akan dipercaya.

Namun, jika situs web tidak menggunakan protokol seperti itu, itu tidak boleh diakses. Ini karena situs web mungkin terlibat dalam pencurian data atau aktivitas ilegal lainnya.

5. Perhatikan isinya

Website akan menjadi wajah sebuah perusahaan di dunia digital. Oleh karena itu, website resmi dibuat semenarik dan sesederhana mungkin. Dan membuat website seperti ini tentu tidak murah.

Ini juga bisa menjadi cara agar Anda terhindar dari situs penipuan. Jika Anda menemukan konten situs web yang berantakan dan terlihat tidak rapi, itu bisa menjadi situs web penipuan.

Sumber :